Monday, September 23, 2013

Kemo Kedua: Mulai Terbiasa dengan Pola

Alhamdulillah pasca kemo kedua ini jauh lebih baik. Setelah kejadian masuk RS karena infeksi dan imun hampir nadir di pasca kemo 1, akhirnya Catherine, oncologist yang menangani aku sejak awal, mengundurkan jadwal kemo kedua. Agar bisa pulih dulu. Untuk kemo kedua, dosisnya diturunkan 10%, dan ditambah suntikan immune booster. Jadi pada hari ke 2-8 pasca kemo, aku suntik sendiri obatnya. Pastinya setelah diajari di RS. Suntikan ini mahaal banget. Aku bilang ke dokternya kalau gak punya duit cukup. 1400 dolar untuk kemo 2 dan 3 saja. Alhamdulillah akhirnya digratiskan untuk kemo kedua. Berkah Allah memang tidak bisa disangka-sangka. Belum tahu nanti hitungannya untuk kemo 4-6, karena terapinya beda, dan pindah ke RS lain. 

Bagaimana efek samping selama kemo kedua ini? Hari 2-5, rasa mual tetap sama seperti kemo pertama, tapi tidak terlalu drop lagi. Alhamdulillah, ketika cek darah di hari ke 9, hasilnya bagus. Aku sih tetap hati-hati juga, karena lebih gampang capek.

Tapi senang banget bisa lebih banyak beraktivitas. Bisa ngampus meski sebentar. Bisa jauh lebih banyak nulis, bisa menghirup udara musim semi di taman sambil barbeque-an, bisa nonton konser Ganta (baca di sini). Pokoknya serasa seperti hari-hari sebelum kemo dulu. 

Masalah perasaan, aku juga insya Allah sudah tidak terbebani. Dibawa ringan saja dan tetap patuh protokol. Rambutku sudah habis juga (tepatnya digunduli sekalian). Kata Ganta, malah enak, ngirit shampoo. Hehe. Minggu ini aku mau ngejar target selesaikan bab 3 yang tertunda terus final drafting-nya. Minggu depan jadwal kemo ketiga. Semoga tidak ada tanggungan lagi. 

Oh ya, aku lagi kesengsem sama juice mixed carrot, apple, and  tomatoes. Ada teman yang kasih tahu bahwa kakaknya dulu juga kena kanker payudara stadium lanjut. Gak mau dikemo. Diterapi sendiri minum juice ini. Setahun kemudian, sel kankernya sudah hilang. 

Aku mau tetap lanjut terapi konvensional via kemo dan terapi Herceptin. Tapi juice buah dan tahitian noni juice akan tetap kuminum tiap hari. Semoga Allah memberikan kesembuhan. 


All is well. All is well (Rancho-3 idiots mode on).

No comments: