Sunday, February 12, 2012

Ganta di Brunswick Language Centre

Mengamati hari-hari pertama Ganta bersekolah di Melbourne merupakan pengalaman yang menyenangkan. Ganta sudah menyelesaikan semester 1 kelas 11 di SMA Negeri 14 Surabaya. Di sini, Ganta mengikuti program Bahasa Inggris dulu di Brunswick English Language Centre. BELC ini terpadu dengan Brunwick Secondary College, tempat Ganta nantinya akan meneruskan sekolahnya. Setelah mengikuti tes lisan dan tulis, Ganta disarankan mengikuti program language upgrading selama 20 minggu, dan nantinya akan masuk ke Year 10. Menurut Toula, koordinator ELC, bahasa Inggris Ganta 'not bad,' namun 'sense of grammar' nya yang perlu disempurnakan. Bagiku sama sekali tidak ada masalah, yang penting Ganta sendiri senang menjalaninya. Lalu bagaimana dengan keputusan kembali ke Year 10? Di Australia, tahun ajaran dimulai pada bulan Februari. 1 tahun dibagi menjadi 4 terms. Kalau dipikir-pikir masalah waktu, bisa saja dianggap rugi, namun dengan mengikuti Year 10 selama setengah tahun, Ganta malah bisa lebih utuh merasakan pendidikan SMAnya di sini. Awal tahun 2013 Ganta akan bisa masuk ke Year 11 secara penuh.Jadi kalau dihitung-hitung, insya Allah pendidikan SMAnya bisa selesai pada akhir tahun 2014. Pas dengan perkiraan studiku juga akan selesai pada akhir tahun 2014. Mudah-mudahan semua berjalan lancar.

Selama 1 minggu ini Ganta bersekolah, aku lihat dia sangat menikmatinya. Brunswick Secondary College tidak jauh dari apartemen tempat kami tinggal. Hanya berjarak 5 stop dengan menggunakan Tram route 19 di sepanjang Sydney Road. Tiap pagi sekitar pukul 8.15 Ganta sudah berangkat dengan naik tram dari stop 26. Tidak sampai 10 menit sudah akan sampai di stop 21, dan kemudian akan berjalan selama 5 menit di Dawson Street. Setiap hari Ganta juga membawa bekal makan siang. Kadang kubawakan nasi, lauk, dan buah, dan beberapa hari terakhir ini minta dibawakan burger sandwich. Lebih praktis katanya. Sekolah berlangsung sampai pukul 15.10, dan biasanya sekitar 15.30 Ganta sudah leyeh-leyeh di sofa sambil tanya, 'masak apa hari ini bu?'

Dari segi materi yang diperoleh, aku senang ternyata kemampuan Ganta ok juga. Dia masuk di room 2, untuk kelompok 'intermediate.' Aku lihat, bacaan dan latihan yang dibahas kira-kira setara dengan bahan yang biasanya dipakai untuk mahasiswa semester 1 di Unesa. Kadang cukup panjang juga, sekitar 3-5 halaman bacaan. Bahkan Ganta jadi punya motivasi sendiri untuk membaca bacaan pendek. Kusodori buku Stories for Reproduction yang berisi anekdot-anekdot lucu. Dalam 2 hari, ternyata Ganta bilang sudah menyelesaikan sekitar 30an cerita. Boleh juga anakku ini. Kali lain dia nongkrong di depan TV untuk mendengarkan TV news. Kalau begini, biasanya memang ada tugas membuat summary, untuk diceritakan kembali di depan kelas. Besok Senin, Ganta bilang, akan dilakukan regrouping. Dia belum tahu akan masuk kelompok mana. Tapi dia sudah bisa mengukur kemampuannya sendiri dibandingkan teman-temannya. Yang dari Cina agak susah dipahami kalau bicara, yang dari Korea dan Somalia cukup jelas, yang dari Iraq medok banget aksen Arabnya. Kalau yang dari Indonesia (maksudnya, dia sendiri) sangat jelas. "Very good reading," begitu apresiasi tutornya saat Ganta diminta membaca keras.

Masalah pertemanan tidak perlu dikhawatirkan. Meski Ganta kelihatannya pendiam, sebenarnya temannya banyak dan dari berbagai lapisan. Selama di SD-SMA di Surabaya dulu, ada yang disebut teman sekelas, teman sekolah, teman band ini, band itu. Bahkan teman mainnya malah jarang dari kelas yang sama. Di sini, sejak hari pertama, Ganta sudah menghabiskan sebagian waktu makan siangnya untuk bermain bola. Tidak hanya dengan anak ELC, namun juga dengan anak-anak Brunswick Secondary College. Memang saat makan siang,  mereka cenderung berbaur. Yang membedakan hanyalah pakaian. Anak ELC berpakaian bebas, sedangkan anak BSC pakai seragam. Namun anak yang supel tidak akan punya masalah dalam berteman. Ganta juga ternyata suka berinisiatif untuk mengajak ngobrol teman-teman barunya. Apalagi dengan hobi olahraga yang dimilikinya, sepakbola dan basket bisa menjadi ajang cari teman baru dari kelas lain.

Hari-hari Ganta masih terhitung 2 minggu, sejak kami datang pada tanggal 28 Januari 2012. Aku berdoa semoga hari-hari berikutnya, yang masih panjang, akan memberi warna lebih indah dalam kehidupan Ganta. Semoga pengalaman belajar di sini akan menjadi bekal bagi masa depan Ganta nantinya. Semoga Allah memberkati. Amin.


2 comments:

my creative forum said...

Jangan kuatir, Ganta pasti menjalaninya dengan lancar dan sukses. Nurun ibuke dan ayahe....

anita carolina tarigan said...

bu tiwi saya mahasiswa unesa 04 temannya catur..wah bu setelah bc blog ttg Ganta,putra ibu saya jadi termotivasi untuk menulis hari2 anak saya dan jg melatih kreatifitas menulis,,mgkn dsh bertahun2 hoby sy menulis terabaikan dg kesibukan2 sy(tp msh lebih sibuk bu tiwi,,pastinya)dan ternyata mskpn sibuk ibu bs melakukan hal ini...trims ya bu :) good luck buat Ganta :)