Wednesday, February 13, 2013

Microsoft Office on the IPad

Saya menilai diri sendiri tidak gaptek banget. Setidaknya, saya suka mencoba gadget dan aplikasi baru. Namun selama ini masih sedikit senewen ketika New Ipad saya hanya bisa membuka dan membaca office documents. Itupun pastinya setelah download aplikasi gratis Document Reader. Jadinya selama ini, Ipad lebih banyak berisi files yang perlu saya baca, dan tentunya games kesukaan anak-anak. Paling tidak, gadget ini sudah menghasilkan beberapa lagu yang dibuat Ganta dengan aplikasi berbayar Garage Band. 

Saya membeli New Ipad warna hitam ini di Apple store di Hong Kong. Mumpung lebih murah daripada di Melbourne. Pegang IPad sekitar 1 bulan, eh kok ya baru tahu bahwa Microsoft office ternyata ada di AppStore. Tidak hanya sekedar aplikasi untuk reader saja. Lebih dari itu, ternyata sudah ada aplikasi untuk create dan edit dokumen. Ini termasuk Microsoft word, excel, dan Power Point. Hebatnya lagi, GRATIS ...TIS. 

Apa Steve Jobs meninggalkan warisannya dalam bentuk perjanjian dengan Bill Gates ya? Yang jelas, saya seperti nemu harta karun pagi ini. Kalau Anda punya IPad, download saja CloudOn di AppStore. Aplikasi ini yang memungkinkan kita create, edit, dan pastinya baca office documents. Lalu file-nya ditaruh di mana? Saat CloudOn sudah installed dan dibuka, Anda akan ditanya apakah punya account di Dropbox atau aplikasi sejenis. Kalau belum, ya sign up dulu. Kebetulan saya sudah punya Dropbox. Saya tinggal sign in di Dropbox dan membuka salah satu file. Wuss...terbukalah file Interview transcript dengan tampilan persis seperti saat kita menghadap layar MS Word. Saya utak atik, edit, nulis sembarang. Wah asiknya seperti pegang mainan baru. Waktu mau saya save, kok tidak ada icon Save ya. Eh, ternyata file yang diedit otomatis akan tersimpan di Dropbox juga. 

Saya coba-coba lagi. Sekarang saya mau buat file baru. Kembali pencet icon CloudOn, di situ ada beberapa icon. Asal pencet aja, toh langsung terbaca fungsi iconnya. Saya pencet yang untuk create a new file. Mencoba membuat file baru. Mulai MS word, PPt, dan Excel saya jajal. Baik PPt maupun Excel memberikan tampilan yang sama persis dengan saat dindepan laptop. Semua file baru otomatis akan tersimpan di Dropbox juga. 

Ah, utak-atik file semakin mudah. Nulis atau mengerjakan tugas di manapun tidak lagi ada alasan tidak ada laptop atau komputer. Tinggal taruh file di DropBox, maka ruang kerja bisa di mana-mana.

Got an Ipad? Have CloudOn installed, and you're always on the go.

No comments: